Potensi dan Peluang Industri Pengolahan Sagu

By Admin Diskominfo 07 Mar 2020, 10:10:52 WIBCitizen Journalism

Potensi dan Peluang Industri Pengolahan Sagu

Keterangan Gambar :


Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di wilayah Indonesia Timur tak terkecuali masyarakat, Kab. Seram Bagian Timur (SBT). Tak ayal, permintaan berbagai olahan sagu cukup tinggi di SBT. Namun hingga saat ini, pengolahan sagu masih dalam skala kecil dan tradisional dan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau masyarakat sekitar.

Berlokasi di Jalan Trans Seram, Kufar, Kec. Tutuktolu, Pabrik Sagu Senei dengan luas lahan 15 m x 25 m dan dilengkapi berbagai mesin Diesel mulai dari Mixer, pompa air, mesin tepung, genset, mesin parut yang masing-masing memiliki kekuatan 6,5 PK/HP mampu mengolah 2.000 Kg sagu setiap harinya. Lokasi pabrik terbilang cukup strategis dan memiliki sumber daya air yang memadai sehingga turut menunjang operasional perusahaan. Usaha olahan sagu seperti Pabrik Sagu Senei, tentunya akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar nantinya serta turut memenuhi kebutuhan olahan sagu.

Industri pengolahan sagu tidak bisa dipandang sebelah mata, potensi sumber daya alam yang besar dan ditunjang berbagai peralatan pengolahan yang tepat guna tentunya memiliki dampak Multiplier ekonomi. Jika dihitung secara kasar, omset Pabrik Sagu Senei bisa mencapai Rp. 2.500.000 perharinya dengan kapasitas produksi 2.000 Kg. Selain menjadi bahan makanan pokok, olahan sagu bisa menjadi bahan utama Bioethanol, Gula Industri, Pupuk Tanaman, Pakan Ternak, Industri Kertas dan Farmasi.

Melihat potensi yang ada, industri olahan sagu diperkirakan memiliki prospek bisnis yang cukup baik kedepannya. Namun bukan berarti industri ini bisa berjalan tanpa hambatan. Kebutuhan modal awal cukup besar seringkali menghambat berkembangnya industri ini, oleh karena itu peran pemerintah dalam memberikan dukungan langsung dan tidak langsung sangat berpengaruh bagi keberlangsungan industri ini. Diharapkan dukungan dapat berupa penambahan modal dan bantuan teknis untuk mengoptimalkan produksi olahan sagu.

Muslim Ginting



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

  1. Ebook Indonesia 09 Mar 2020, 23:02:05 WIB

    Ijin tuk membaca dan mengambil isi untuk tugas pak

    cetak spanduk jakarta 10 Mar 2020, 15:31:51 WIB

    kalau di jakarta, akan ada yang cetak spanduk dan mengadakan seminar untuk menjaring investor atau individu yang berminat untuk mengembangkan peluang ini. mungkin bisa ditiru

    Pembuatan NIB 29 Mar 2020, 10:00:48 WIB

    betapa kaya ya produk alam kita, peluang usaha di indonesia sebenarnya terbuka lebar asal bisa mengelola nya.

    khutbah idul adha 2020 04 Jun 2020, 22:27:39 WIB

    Peluang Usaha Yang Cukup Menjanjikan

View all comments

Write a comment