TP-PKK SBT TINJAU DAN SOSIALISASI PROGRAM DESA PILOT PROJECT DI DESA MADAK DAN KAMPUNG BARU

By Admin Diskominfo 13 Jan 2023, 17:36:12 WIBKegiatan

TP-PKK SBT TINJAU DAN SOSIALISASI PROGRAM DESA PILOT PROJECT DI DESA MADAK DAN KAMPUNG BARU

Keterangan Gambar :


Pokja Empat Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahtraan Keluarga (TP- PKK) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) melakukan tinjauan sekaligus sosialisasi program Desa yang merupakan Pilot project terhadap masyarakat di Desa Madak dan kampung Baru, Kecamatan Teluk Waru, Jumat (13/01).

Sejumlah tokoh dan pejabat desa turut hadir selain itu TP PKK Kecamatan dan Kepala Puskesmas Kecamatan Teluk Waru terlibat secara langsung dalam gerakan tanggap dan tangguh untuk cegah bencana stunting.

Sasaran utama TP PKK SBT dalam Pilot Project desa ini adalah menciptakan pola dan perilaku hidup sehat terhadap Ibu dan Anak, dimana masyarakat belum menerapkan pola hidup sehat sesuai standar kesehatan yang dinilai berdasarkan data pola hidup masyarakat yang dikumpulkan pada kedua desa tersebut yang masih berada diangka 0%,

Sekertraris Tim PKK Pokja IV Sukma Rumakur, menjelaskan, Program ini bertujuan untuk mencegah bencana stunting dan gizi buruk, serta merupakan Pilot Project Nasional yang digalakkan oleh PKK untuk memastikan dan mensosialisasikan pola hidup sehat khususnya bagi Ibu dan Anak.

“ini adalah salah satu program pusat yang diberikan kepada setiap PKK Kabupaten/Kota, tujuanya mencegah Stunting dan Gizi Buruk, khusnya bagi Ibu-ibu dan anak”. Jelasnya.

Selanjutnya Ia menuturkan ada beberapa tahapan yang dilakukan sebelum menetapkan dua desa ini sebagai pilot project. Langkah tersebut adalah observasi, pendalaman data, serta tindak lanjut dan rekomendasi.

kami tidak lansung menetapkan dua desa sebagai pilot project, ini langkah awal untuk mensosialisasi sekaligus meninjau dan mengambil data lapangan serta data yg sudah dirampung oleh puskesmas, nanti setelah data ini sudah siap kami laporkan kepada Ketua PKK dan dipresentasikan terhadap pimpinan OPD masing masing instansi, setelah itu kami tetapkan salah satu diantara dua desa ini sebagai Desa Pilot project, olehnya itu kami harap kerja samanya serta dukungan penuh dari masyarakat” Kata Rumakur

Masyarakat sekitar berharap agar kedua desa tersebut dapat ditetapkan sebagai lokus pilot project dari TP PKK Kabupaten seram bagian timur.

“kami berharap kedua desa ini dapat ditetapkan sebagai Pilot Project oleh TP PKK SBT” Ujar salah satu tokoh Masyarakat Desa Madak. Harapan yang sama juga dari Desa Kampung Baru dalam kegiatan tersebut. -EA – MT



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment