KEMENAG SBT LEPAS PESERTA KSM TINGKAT PROVINSI MALUKU

By Admin Diskominfo 03 Agu 2023, 21:26:31 WIBDaerah

KEMENAG SBT LEPAS PESERTA KSM TINGKAT PROVINSI MALUKU

Keterangan Gambar :


Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) melepaskan puluhan peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Maluku. Kegiatan pelepasan peserta KSM tersebut dilaksankan di Aula Kemenag SBT, Kamis (03/08) dihadiri Asisten I Setda, Ketua DPRD SBT, Kepala Kantor Kementerian Agama beserta para pejabat Eselon IV lingkup Kankemenag SBT, Kepala Dikbudpora SBT, Kepala Diskominfo Kabupaten SBT, Bunda Literasi beserta anggota PKK SBT, para kepala Madrasah dan kepala sekolah serta para founder pegiat Literasi se-Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Diketahui sebanyak 55 peserta yang mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Tahun 2023. Dilaporkan dari 55 peserta itu, terbagi atas tiga jenjang madrasah, diantaranya Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Kepala Kemenag Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Hj, Moh. Djen Tepinalan saat mengawali sambutannya mengatakan, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) sebagai wahana membangun gairah kompetisi sains kalangan siswa madrasah.

Untuk menunjang terwujudnya harapan masyarakat serta meningkatkan iklim kompetisi dikalangan siswa, madrasah juga perlu dikembangkan dan dibangun kegiatan-kegiatan yang mengakomodir siswa untuk dapat mengaktualisasikan potensi yang dimiliki oleh siswa itu sendiri, salah satunya melalui ajang KSM ini” kata Djen Tepinalan

Dia menjelaskan, deras laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kini mulai menimbulkan rasa kwatir ditengah kehidupan masyarakat. Olehnya, untuk menyikapi kondisi tersebut masyarakat mulai berpaling dan menaruh harapan besar kepada madrasah agar dapat menjawab tantangan tersebut. 

untuk menepis laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sering menghasilkan akses negatif yang tidak bisa kita pungkiri bahwa itu adalah imbas dari perkembangan zaman ilmu dan teknologi. Untuk itu masyarakat mulai menaruh harapan itu kepada madrasah untuk dapat mengatasi kondisi tersebut” jelasnya

Kendati demikian lanjut dia, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menjadikan KSM sebagai salah satu ajang tahunan mulai dari Kompetisi Sains Madrasah tingkat satuan Pendidikan hingga tingkat nasional.
Disamping itu pihaknya berharap, adanya dukungan masyarakat dan stakeholder terhadap puluhan peserta KSM tingkat provinsi Maluku yang mewakili kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada tahun 2023 itu.

Untuk itu kami mohon dukungan dari semua pihak agar putra-putri terbaik yang mengikuti KSM ini dapat mengharumkan nama baik kabupaten SBT ini baik di tingkat provinsi maupun ditingkat nasional nantinya” harapnya

Ditempat yang sama ketua komite KSM Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten SBT Muhammad Abduh Ernas dalam laporannya menjelaskan, tujuan diadakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) pada tahun 2023 ini, untuk memperteguh ahlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas sehat dan disiplin terhadap siswa guna menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Kompetisi Sains Madrasah ini merupakan kompetisi yang dilaksanakan mulai dari tingkat satuan Pendidikan, tingkat kabupaten kota, tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Untuk itu kompetisi Sains Madrasah ini mempunyai tujuan penting yaitu untuk memperteguh ahlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas sehat dan disiplin menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi” jelasnya

Kata Ernas 55 peserta yang akan berkompetisi pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) terdiri dari juara 1 sampai dengan juara 5 per bidang yang dilombakan diantaranya:
tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) sub lomba Matematika Terintegrasi, dan IPA terintegrasi
sementara Tingkat MTs, Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi dan IPS Terintegrasi
lanjut tingkat MA, diantaranya Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi. ( AE-IT )



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment