Dinas Kearsipan dan Perpustakaan SBT Sosialisasikan Minat Budaya Baca di Desa Pilot Project

By Admin Diskominfo 08 Mar 2023, 18:52:52 WIBKegiatan

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan SBT Sosialisasikan Minat Budaya Baca di Desa Pilot Project

Keterangan Gambar :


Mendorong tumbuhnya minat Baca bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menggelar Sosialiasi Perpustakaan Berbasis Inklusif Sosial, di Kampung Baru, Kecamatan Teluk Waru. Rabu, (08/03).

Kasubag Perencanaan Dinas Kearsiapan dan Perpustaan Daerah kabupaten SBT, Irwansyah Rumbouw menjelaskan sesuai data pertahun 2018 s.d tahun 2020 terdapat penurunan minat baca di SBT pasca pandemi covid-19, yang disebabkan oleh terbatasnya kesedian sumber Informasi Dinas Perpustakaan serta alokasi anggaran yang minim sehingga berefek pada penyediaan refrensi.

Selain itu secara geografis jangkauan masyarakat ke perpustakaan terbilang sangat jauh, sehingga lewat kerja sama kementrian Desa dengan Dinas kearsipan setiap desa wajib mempunyai perpustakaan.

“Kendalanya karena terbatas sumber informasi serta alokasi anggaran yang minim, jadi lewat kerjasama Kementerian Desa dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sehingga ada kewajiban setiap Desa dengan satu Perpustakaan” Ucap Irwansyah.

Selain mensosialisasikan minat dan budaya baca, Dinas kearsiapan juga menjelaskan tentang konsep perpustakaan agar masyarakat mempunyai pemahaman baru soal perpustakaan berbasis insklusif sosial.

terkait dengan tujuan sosialisasi ini agar masyarakat mempunyai pemahaman baru soal Perpustakaan berbasis insklusif sosial, jadi masyarakat bukan saja datang untuk membaca namun ada pusat pengembagan masyarakat disana, selanjutnya untuk program pilot project ini bukan saja soal kesehatan namun perlu ada pengetahuan untuk masyrakat, maka diharapkan dengan adanya sosialsisai dapat bermanfaat untuk kualitas pengetahuan masyarakat atau orang tua guna untuk pengambangan anak dari sisi kesehatan maupin sosial bermasyarakat”Tambahnya

Kegiatan yang berlangsung di gedung Balai Desa Kampumg baru ini dihadiri oleh Perwakilan TP-PKK pokja IV, satgas pencegahan stunting Kabupaten, perwakilan PKK kecamatan dan Desa serta masyarakat setempat. – EA – IT – MT



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment