Bunda Literasi SBT Resmi Dikukuhkan

By Admin Diskominfo 17 Jun 2022, 07:08:43 WIBKegiatan

Bunda Literasi SBT Resmi Dikukuhkan

Keterangan Gambar :


Bertempat di di Aula Pandopo Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Bunda Literasi Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad mengukuhkan Yulia Misa Ltc Keliobas sebagai Bunda Literasi Kabupaten SBT, sekaligus Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi, Kamis (16/6). Pengukuhan ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Seram Bagian Timur Nomor 261 Tahun 2022, tentang Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten SBT Masa Bhakti 2022-2026.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten SBT Idris Rumalutur, Sekertaris Daerah Kabupaten SBT Jafar Kwairumaratu, Wakil Ketua PKK Kabupaten SBT Hayati Kastella, Pimpinan OPD Provinsi Maluku, Forkopimda, Para Kepala Sekolah SMA Sederajat SE – Kota Bula, dan Perwakilan Siswa-siswi SMP, SMK, MAN Se – Kota Bula.

Dalam Sambutan Bupati yang dibacakan oleh Wakil Bupati mengatakan gerakan literasi merupakan upaya Pemerintah untuk memperkuat sinergitas antar pelaku literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuh kembangkan dan membudayakan minat baca.

“Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Menuju Generasi Emas Indonesia Tahun 2045.”Katanya

Ia menambahkan Pengukuhan Bunda Literasi yang dilakukan pada hari ini sebagai sebuah kebutuhan , dan hendaknya dimaknai daerah agar seluruh arah program dan kebijakan dapat terwujud secara efektif dan efisien yang bermuara pada indeks kegemaran membaca dan meningkatnya literasi masyarakat.

“Saya menyambut positif terlaksananya pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Seram Bagian Timur sebagai sebuah langkah maju atau awal yang baik bagi terbangunnya semangat literasi sehingga terciptanya generasi yang literat dan berkarakter di Kab. Seram Bagian Timur. Oleh sebab itu diperlukan antara Pemerintah Daerah dan komitmen bersama seluruh komponen masyarakat melalui OPD teknis untuk menyusun program kerja dalam rangka mendukung sehingga indeks gerakan literasi dan budaya baca literasi masyarakat terus kita tingkatkan.” Lanjutnya

Ia berharap Bunda Literasi Kab SBT dapat terus mensosialisasikan Gerakan SBT Gemar Membaca dan menjadikan Perpustakaan sebagai sumber inspirasi, sahabat pintar bagi keluarga dan masyarakat.

Sementara itu Bunda Literasi Maluku dalam sambutannya mengatakan Salah satu faktor keberhasilan suatu pembangunan baik pembangunan fisik maupun non fisik adalah kualitas sumber daya manusia (SDM). upaya pembinaan terhadap kualitas SDM telah dilakukan salah satunya melalui pendidikan. Hal yang sangat mendasar dalam penyelenggaraan pendidikan mulai dari pendidikan informal, non formal dan formal adalah kemampuan membaca, menulis dan berhitung atau lebih dikenal dengan Kalisto.

“Kemampuan membaca adalah bukan kemampuan bawaan sejak lahir, melainkan merupakan suatu keterampilan yang harus dipupuk, dibina serta dikembangkan dari mulai pembinaan minat, kegemaran, kebiasaan sehingga membaca merupakan suatu kebudayaan yang dapat menciptakan masyarakat pembelajar dan akhirnya dapat meningkatkan nilai tingkat kegemaran membaca kita dan mencapai target Nasional pada tahun 2023 sebesar 63,3%.” Ujar Ketua TP-PKK Provinsi Maluku itu

Ia menambahkan, Ada dua hal penting yang perlu menjadi perhatian kita bersama dalam nilai tingkat kegemaran membaca yaitu, sejauh mana minat baca kita dan juga ketersediaan buku atau sumber informasi lainnya. Perpustakaan memiliki peranan yanb sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan rakyat melalui penguatan budaya literasi.

“Saya percaya, Bunda Literasi Kabupaten SBT, dapat menjadi Role Model atau tokoh penggerak kebudayaan kegemaran membaca dan literasi bersama dengan pemerintah Kabupaten, Stakeholder dan elemen masyarakat dapat menumbuhkembangkan minat baca masyarakat, mendorong peningkatan kunjungan dan akses jasa informasi di perpustakaan baik di perpustakaan daerah, sekolah, desa maupun sampai pada taman baca maupun rumah pintar yang ada di Kabupaten Seram Bagian Timur.” Lanjutnya

Kegiatan dilanjutkan dengan pemukulan Tifa sebagai tanda pelaksanaan Sosialisasi dan penyerahan Bantuan buku kepada Sekolah SMK 1 SBT.

Setelah itu, Bunda Literasi Provinsi Maluku di dampingi Oleh Bunda Literasi Kabupaten SBT beserta rombongan mengunjungi SMA Negeri 1 Kabupaten SBT dan SMK Negeri 1 SBT untuk melihat langsung proses belajar siswa di dalam perpustakaan dan memberikan bantuan buku. – EV – MT



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment